Minggu, 19 Januari 2020

Natuna, Pulau Kecil di Ujung Utara Indonesia


Titik merah diatas pulau kalimantan adalah letak pulau natuna.
Ramainya berita tentang Natuna beberapa minggu ini, membuat saya tertarik untuk menulis pengalaman saya, ketika berkunjung ke Kabupaten Natuna, bulan september tahun 2019 yang lalu. Saya kesana dalam rangka tugas dari kantor yaitu ikut serta bersama Mendikbud RI (waktu itu masih Bpk. Muhadjir Effendy) meluncurkan program digitalisasi Sekolah. Yang akan saya ceritakan adalah bagaimana perjalanan menuju kesana dan transportasinya. Natuna merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, dan merupakan kabupaten terluar Indonesia, seperti pada gambar peta disamping, letaknya jauh diatas pulau kalimantan, dan diatas Negara tetangga Singapura, namun demikian Natuna masih masuk wilayah administratif Kepulauan

Riau. Untuk menuju kesana pertama-tama saya berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, menggunakan maskapai Lion Air dengan tujuan Batam (berangkat pukul 06.10) dan kemudian melanjutkan dengan maskapai Wings Air dengan tujuan Bandara Raden Sadjad di Ranai(berangkat 08.45). Saya menggunakan Maskapai Lion Group karena hanya ini Jadwal yang cocok, mengingat penerbangan ke Ranai Natuna hanya 1 kali dan hanya dilayani Wings Air. walaupun dihari tertentu ada juga maskapai Sriwijaya. Penerbangan dari Batam ke Natuna kurang lebih 90 Menit. Agak terkejut ketika Pesawat yang saya tumpangi mendarat di Landasan Pacu Bandara. Ternyata bandaranya cukup besar dan Bagus. Sebagai Kabupaten kecil sekaligus terluar, tentu suasana disana tidak seramai Kabupaten lain di Indonesia. Tidak ada Mall seperti di Jakarta yang menjamur, namun untuk hotel tidak perlu khawatir, sudah banyak tersedia hotel dengan fasilitas yang sudah memadai. Kemudian untuk kendaraan, tentunya anda tidak perlu khawatir, karena disana juga banyak yang menyediakan jasa penyewaan kendaraan. Ketika saya berkunjung kesana, saya menggunakan jasa Penyewaan dari Pelita Rent Car dengan kontak yang bisa dihubungi yaitu bapak Edi (08126572222). Selama tiga hari berada disana, belum banyak tempat yang bisa saya kunjungi, padahal banyak tempat menarik disana. Kemudian untuk sambutan dari masyarakat juga sangat baik, ramah dan sangat baik. Jadi apabila pembaca sekalian akan kesana, tidak perlu khawatir dengan penginapan, transportasi dan tentu saja kuliner. Oya, untuk makanan disana juga sudah banyak ruah makan yang menjual berbagai menu dengan hidangan laut menjadi menu utamanya. Jadi silahkan persiapkan waktu anda untuk menjelajah Kabupaten Natuna. Berikut bebrapa foto gambaran kondisi Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna


Tampak kantor Bupati yang diselimuti kabut asap. Foto dari Rumdin Bupati
Suasana Bandara, hari itu ada Penerbangan Sriwijaya air
Demikian cerita perjalanan singkat ke Natuna, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar